Hotline

0812-1598-7054
0857-1266-5024
 
Pin BB:522ACED0
Whatsapp:0812-1598-7054
Fan Page

Twitter

Jumlah Pengunjung

 Online : 3
 Hari ini : 47
 Kemarin : 53
 Bulan ini : 594
 Bulan Kemarin : 1.933
 Total : 92.143
Statistik
    
Berita

Kelapa Kopyor dan Jeruk Pamelo di Kembangkan di Kebun Pembibitan WaturoyoCetak Kirim ke Teman
Tanggal Posting Kamis, 19 Desember 2013, 08:01 WIB  Dikirim oleh : admin (1432 kali dibaca)


Sebagai sentra jeruk pamelo dan kelapa kopyor, Pemerintah Kabupaten Pati membuat kebun pengembangan tanaman produk unggulan tersebut. Pemerintah menyiapkan lahan seluas masing-masing 1 hektar untuk tanaman tersebut, di Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso.


Pengembangan tanaman potensi lokal tersebut, bukan hanya sebagai tanaman pelindung dan penghijauan, juga akan memberi manfaat bagi masyarakat, dalam beberapa tahun kedepan. Untuk itu, dari penanaman bibit pohon jeruk pamelo dan kelapa kopyor yang dilakukan Bupati Pati, Haryanto didampingi Wakil Bupati Budiyono, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Pati, di Desa Waturoyo Kec Margoyoso, masyarakat dapat merawatnya dengan baik.


Bupati Pati, Haryanto kepada PAS Pati mengungkapkan, penanaman bibit jeruk pamelo dan kelapa kopyor dilahan masing-masing seluas 1 hektar itu, sebagai jawaban dari pertanyaan masyarakat luar daerah, kenapa Pati tidak memiliki kebuh tanaman potensi lokalnya.


“Saya sering ditanya. Apakah Pemkab Pati memiliki kebun sendiri untuk tanaman jeruk pamelo dan kelapa kopyor. Dari situlah, kita berbenah untuk menanam kedua tanaman unggulan yang dimiliki Kabupaten Pati,” kata Bupati Haryanto.


Pengembangan tersebut kedepannya akan berdampak positif bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pati, dan lebih dikenal masyarakat dari luar daerah. Kedepannya, kata Bupati Haryanto, akan memudahkan pejabat dari daerah lain, maupun pejabat tinggi negara yang bertamu di Pati, untuk membeli oleh-oleh, cukup datang di kebun jeruk pamelo dan kelapa kopyor di Desa Waturoyo.


“Hasilnya nanti, apabila nanti Kapolres atau Dandim ada tamu, saya ada tamu saya bawa kesini boleh. Jadi kita tidak susah-susah mencari oleh-oleh dirumah-rumah warga. Kemarin saya menerima tamu mantan Menteri Perumahan Rakyat, katanya dia tiap tahun beli kelapa kopyor satu truk, yang akan dibagikan kepada karyawannya setiap lebaran. Karena dia tahu ini, kelapa kopyor ini dari Dukuhseti, rasanya seperti yang saya beli,” ujar Haryanto.


Penamanan tersebut menjadi bagian dari kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia, yang dipusatkan di Desa Purwodadi, Kecamatan Margoyoso, Kamis pagi, 12 Desember 2013.(*)


[http://www.pasfmpati.com]

Berita Lainnya :

Jeruk Pamelo di Pati Langka, Harga di Pasaran Melonjak
 

Tinggalkan Komentar